Soal
1. Deskripsikan sebauah kasus berkaitan dengan pelaksanaan bimbingan dan konseling di salah satu sekolah yang anda ketahui secara pasti. Paparan dilakukan secara komprehensif yang dapat dijelaskan dengan manajemen bimbingan dan konseling sebagai akar permasalahan kasus tersebut.
2. Berdasarkan soal no 1. Jelaskan secara rinci program bimbingan dan konseling di sekolah tersebut perlu dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik pada tingkat dan jenjang Pendidikan yang dijalaninya. Sehubungan dengan hal itu jelaskanlah beserta contoh dengan kasus no 1 : (a) upaya yang harus dilakukan oleh guru BK dalam mengembangkan program BK di sekolah pada kasus soal no 1 sehingga bimbingan dan konseling berjalan secara optimal , (b) kompetensi yang harus dimiliki oleh guru BK untuk mengelola bimbingan dan konseling di sekolah pada kasus no 1, (c) krakteristik program yang dapat digunakan guru BK dalam pengembangan BK di sekolah pada kasus no 1, (d) komponen yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan manajemen BK di sekolah pada kasus no 1, (e) prosedur yang harus dilalui guru BK dalam penyusunan program BK di sekolah pada kasus no 1 di atas
2. Pelajari kasus pada soal no 1 di atas, selanjutnya deskripsikan salah satu kegiatan penyelenggaraan bimbingan di sekolah tersebut. Setelah itu jerlaskanbesrta contoh kongkrik : (a) hambatan, kekuatan, peluang dan tantangan dalam penyelenggaraan Bk di sekolah pada kasus no 1 tersebut, (b) kaitan konsep organisasi dengan administrasi dalam pelaksanaan BK di sekolah pada kasus soal no 1 tersebut, (c) prosedur yang harus dilakukan guru BK untuk mewujudkan kerjasama antar personil sekolah dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah pada soal nomor 1 tersebut.
3. Dewasa ini terjadi perubahan paradigma dalam pembelajaran di era new normal, kontak antara guru BK dengan siswa tidak dapat dilakukan secara luring dan daring. Jelaskanlah : (a) kegiatan yang menjadi prioritas didalam program BK sesuai kebutuhan siswa di era new normal di sekolah pada kasus no 1 tersebut, (b) pola dan strategi yang harus dilakukan guru BK dalam penyusunan program BK sesuai dengan kebutuhan di new normal sesuai dengan kasus nomor 1 tersebut di atas.
4. Coba analisis soal nomor 1, selanjutnya : (1) jelaskanlah akuntabilitas beserta syrat, bentuk dan kriterianya dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah tersebut pada soal no 1, (2) pola pengawasan dalam mencapai sasaran bimbingan dan konseling yang diharapkan pada soal no 1 tersebut.  

The post “Optimizing Guidance and Counseling Program in Schools: A Case Study and Analysis” appeared first on around the clock essays.

GRAB 25% OFF ON ALL YOUR ORDERS TODAY

X
WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!